Cara Merawat Kamera DSLR

Semua gadget pada dasarnya memerlukan perawatan agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang dan agar kinerjanya tetap terjaga dengan baik. Begitu juga dengan kamera, kamera adalah salah satu gadget yang saat ini sedang banyak digemari. Banyak kita temui orang-orang dimanapun menenteng kamera. Tidak hanya kamera digital pocket saja, tetapi jugakamera tipe DSLR. Dengan ukurannya yang besar pastinya kamera tersebut dapat menghasilkan foto seperti fotografer professional. Tapi harganya yang mahal tidak semua orang mampu membelinya. Kamera DSLR juga sekarang masih menjadi barang mewah. Karena barang mewah maka kita harus serius dalam merawat kamera agar memiliki masa hidup yang panjang dan kinerja kamera tetap bagus seperti pertama beli. Untuk mengetahui cara merawat kamera DSLR, akan diuraikan tipsnya berikut ini.
Cara merawat kamera DSLR yang pertama dilakukan adalah pada lensanya. Untuk merawat lensa kamera ada beberapa langkah yang bisa dilakukan seperti tidak menyentuh lensa kamera secara langsung dengan menggunakan jari dan pasang lens hood untuk melindungi lensa kamera bagian depan dari benturan dan juga mencegah adanya flare oleh cahaya frontal menuju ke lensa. Jika lensa sudah tidak digunakan lagi, pasang lens cap agar lensa terhindar dari debu dan kotoran yang menempel. Gunakan alat pembersih khusus untuk membersihkan lensa. Karena lensa sifatnya sangat sensitive dan rentan akan terkena goresan.

Cara merawat kamera DSLR yang kedua adalah dengan membersihkan kamera bagian luarnya atau pada casingnya. Hal ini dilakukan agar debu yang ada di luar tidak masuk ke dalam kamera. Cara merawat bagian luar kamera DSLR adalah dengan menggunakan brush lalu gunakan lens cloth atau kain kering yang lembut untuk membersihkan bagian khusus dari kamera seperti viewfinder, LDC, dan flash hotshoe. Setelah itu bagian dalam dari kamera yaitu sensornya juga dibershikan. Sebelum dibersihkan pastikan tempat sekitar bersih dan memiliki penerangan yang cukup. Bersihkan mirror dengan menggunakan blower. Lalu bersihkan sensornya dengan menggunakan blower. Pastikan untuk mengunci mirror terlebih dahulu. Jika sensor sangat kotor anda dapat menggunakan cleaning kits yang terdapat swab sensor khusus.
Cara merawat kamera DSLR selanjutnya adalah pada baterainya. Cara merawat baterai kamera DSLR yaitu hindari baterai terkena paparan suhu di atas 430C karena akan mengakibatkan kerusakan secara permanen pada baterai. Letakkan baterai kamera di tempat yang kering dan suhu yang tidak terlalu panas. Jika baterai sudah penuh segera lepas. Jangan menggunakan kamera pada kondisi baterai lemah agar baterai kamera tetap awet. Charge baterai ketika sudah disimpan terlalu lama karena baterai juga tetap mengalami penurunan dayanya. Ketika kamera disimpan, lepas baterainya agar kamera tidak terus dialiri listrik dari baterai yang akan berakibat kerusakan pada kamera juga. Pastikan untuk menggunakan baterai kamera yang original dan tidak berganti-ganti merk baterai.
Cara Membersihkan Lensa Kamera DSLR
Rawat memory card dan aksesoris kamera dengan baik. Ini juga merupakan salah satu cara merawat kamera DSLR yang tidak bisa disepelekan juga. Memory card memiliki fungsi untuk menyimpan semua data dari kamera yang berupa SD/Secure digital maupun CF/compact flash dan lain sebagainya. Memory card mudah rusak sehingga butuh perhatian khusus dalam menggunakannya. Aksesoris kamera juga perlu dibersihkan secara berkala agar tidak banyak debu dan kotoran yang menempel. Aksesori kamera contohnya adaah lens hood, lens filter, dan lain-lain. Simpan kamera di tempat kering dan yang ada sirkulasi udaranya agar tidak terlalu lembab dan mudah dihinggapi jamur. Jangan lupa simpan kamera pada tas khusus kamera jika dibawa bepergian.