Tips Menggunakan Kamera DLSR Bagi Pemula

Dunia fotografi kini semakin banyak digemari oleh semua kalangan baik dari kalangan remaja, mahasiswa ataupun para orang tua yang memang hobi mereka memotret. Hobi memotret ini juga bukan hanya diminati oleh para pria saja akan tetapi banyak juga wanita yang tertarik untuk menekuni hobi fotografi ini.  Salah satu kamera yang menjadi pilhan para fotografer adalah kamera DSLR. Tidak semua orang bisa menggunakan kamera ini kaerna memang tingkat kerumitan juga cukup sulir terutama untuk pemula yang mungkin belum terbiasa dengan kamera DSLR ini. Dalam kesempatan ini saya akan berbagi tips menggunakan kamera DSLR bagi pemula.

Untuk para pemula yang memulai menggunakan kamera DSLR sebagai pilihan mereka untuk menjadi pendamping dalam belajar fotografi perlu beberapa hal yang harus diperhatikan. Seperti kita ketahui bahwa kamera DSLR ini mempunyai bentuk yang besar dan berat yang lumayan juga. Oleh karena itu bagi pemula maka mungkin akan kewalahan untuk pertama kalinya menggunakan kamera ini untuk hunting foto baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Ada beberapa tips menggunakan kamera DSLR bagi pemula yang mungkin bisa anda praktekkan.


Tips menggunakan kamera DSLR bagi pemula yang pertama yaitu cara mengaktifkan kamera DSLR anda. Untuk mengaktifkan kamera ini sangat mudah yaitu dengan menekan tombol on. Cobalah melihat objek dengan viewfinder. Mengapa kita harus membiasakan menggunakan viesfinder ini agar kita terbiasa karena denga fitur itu kita bisa menguasai obejk yang akan kita foto. Tips yang kedua yaitu dengan mengatur menu pada kamera DSLR. Pada kamera DSLR biasanya berisikan menu setting untuk pengambilan foto. Oleh karena itu kita harus belajar menguasai menu pada kamera.

Selain dua tips diatas, tips menggunakan kamera DSLR bagi pemula yang perlu diperhatikan yaitu dalam membidik objek yang kita inginkan. Sebelum kita membidik objek yang akan difoto maka terlebih dahulu kita setting pencahayaan terlebih dahulu. Dalam membdik foto kita perlu memperhatikan angle dan sense nya agar menghasilkan object yang bagus. Tips yang keempat ayng juga penting untuk kita yaitu gunakan focus otomatis dalam membidik objek. Dan tips yang terakhir yang bisa kita praktekkan yaitu empat element penting yang harus kita perhatikan agar menghasilkan gambar yang bagus yaitu pencahayaan, komposisi, angle dan moment yang pas.