Cara Merawat Kamera SLR

Merawat Kamera SLR adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh para pemilik kamera ini terutama para fotografer. Jika tidak dirawat, kamera mahal ini akan cepat rusak. Sayang sekali jika harus terbuang percuma karena kamera ini masih merupakan barang mewah dan mahal. Tentu saja semua fotografer ingin kameranya tetap memiliki performa yang baik agar tetap bagus dalam membidik dan menghasilkan foto. Dengan merawat kamera maka tidak perlu mengeluarkan biaya khusus untuk membayar jasa service belum lagi jika ada bagian dari kamera yang rusak dan harus diganti jika tidak pintar dalam merawatnya. Untuk itu ada beberapa tips cara merawat kamera SLRyang baik dan benar agar kamera tetap awet digunakan.

Cara merawat kamera LSR yang pertama adalah lakukan perawatan pada LCD dan lensa. Cara merawat yang benar pada kamera LSR yaitu dengan memasang screen protector untuk LCD dan filter UV pada lensa kamera. Hal ini berguna untuk perawatan sederhana bagi kamera walaupun sangat sepele. Fungsi dari screen protector adalah untuk melindungi LCD kamera dari goresan. LCD kamera rentan terkena goresan dan jika terkena sangat mengganggu dan harga jual kamera juga bisa kurang. Sedangkan filter UV untuk lensa kamera fungsinya juga tidak jauh berbeda. Filter UV untuk lensa kamera memiliki fungsi sebagai pelindung pada permukaan optic lensa dari debu, air, dan juga goresan maupun dari sentuhan lainnya. Lensa adalah salah satu komponen yang terpenting pada kamera dan memiliki peran pada hasil foto yang diambil. Bila pada lensa kamera memiliki banyak goresan dan debu yang menempel akan mengurangi hasil bagus dari foto yang diambil. Selain itu jika dijual kembali harganya akan sangat turun sekali. Selain sebagai pelindung dari goresan, filter UV juga memiliki fungsi untuk mengurangi sinar ultraviolet dari matahari ke lensa kamera sehingga kualitas foto menjadi lebih bagus.


Untuk perawatan pada bodi kamera caranya yaitu dengan membersihkan bodi kamera dan juga lensa setelah digunakan. Cara merawat kamera SLR dengan membersihkan bodi dan lensa juga sangat penting. Agar pada saat kamera disimpan keadaan bodi dan kameranya bersih dari kotoran dan debu yang dapat masuk ke dalam bodi dan lensa kamera. Gunakan cleaning set khusus untuk membersihkan yang terdiri dari lap untuk membersihkan lensa, blower, lens pen, dan lain-lain. Kamera dibersihkan dengan menggunkan blower untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Begitu juga pada lensanya. Lalu lap kamera dengan menggunakan kain yang lembut. Untuk lensa harus menggunakan lap pembersih khusus untuk lensa agar lensa kamera tidak tergores jika menggunakan lap kain yang sembarangan. Bila perlu lensa bisa dibershikan dengan lens pen.

Hindari mengisi baterai dengan waktu yang sangat lama jika sudah penuh. Cara merawat kamera SLR agar awet yaitu lepaskan baterai jika kamera sedang tidak dipakai. Usahakan gunakan baterai yang original agar kamera tahan lama pemakaiannya. Jika kamera akan disimpan, sebaiknya lepas baterai dari dalam kamera terutama untuk jangka waktu penyimpanan yang cukup lama. Jika kamera terus menerus dialiri listrik dari baterai maka dikhawatirkan bisa terjadi kerusakan fungsi elektrik pada kamera. Simpan kamera pada tempat yang kering agar kamera tidak ditempeli jamur.Ada beberapa cara merawat kamera SLR lainnya seperti memperhatikan tempat saat menggantikan lensa kamera. Walaupun sepele tapi jika tidak diperhatikan maka debu ataupun air dapat mudah masuk ke dalam kamera dan bisa merusak fungsi kamera. Cara merawat kamera SLR dengan benar perlu dilakukan oleh para fotografer agar dapat menghasilkan foto yang kualitasnya bagus dan kamera bisa tahan lama digunakan.