Apa Itu Kamera Mirrorless dan Fungsinya?

Kamera mirrorless alias Mirrorless Interchangeable-Lens Camera (MILC) atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Kamera Tanpa Cermin Dengan Lensa Yang Bisa Diganti-ganti, sejak kemunculannya di sekitar tahun 2008 mulai banyak digemari oleh para pengguna kamera. Kamera mirrorless adalah salah satu kelas system kamera digital yang pada dasarnya sama seperti kamera DSLR. Hanya saja perbedaannya ada pada kaca/cermin yang terdapat pada DSLR namun tidak terdapat pada kamera mirrorless, sehingga ukuran kamera lebih kecil seperti ukuran kamera digital saku biasa. Fungsi kamera mirrorless pun tidak jauh beda dengan DSLR. Jadi singkatnya, kamera mirrorles adalah kamera yang mirip DSLR namun tidak memakai cermin.

Jika cermin/kaca yang terdapat di DSLR berfungsi untuk memantulkan cahaya dari lensa ke lubang intip atau viewfinder sehingga pengguna bisa melihat objek sebelum menjepret. Lain hal nya dengan kamera mirrorless, kamera ini menghilangkan kaca/cermin atau pentaprisma itu. Jika live view di kamera DSLR menggunakan kaca, maka kamera mirrorless menyatu dengan layar LCD seperti kamera saku pada umumnya. Walaupun kamera ini seukuran saku, tetapi fungsi kamera mirrorlesstidak kalah dengan kamera DSLR. Berbeda dengan kamera digital saku biasa yang tidak bisa berganti lensa, kamera yang disebut sebagai Compact Camera System alias Electronics Viewfinder with Interchangeable Lens (EVIL) ini memiliki berbagai pilihan lensa sehingga fungsi dari kamera mirrorles ini jauh di atas kamera digital saku biasa.

Kamera mirrorless memiliki karakteristik ukuran yang relatif lebih kecil dan ringkas, jauh lebih ringan, kualitas hasil fotonya tidak jauh berbeda dengan DSLR, ukuran sensornya setara DSLR kelas menengah, memiliki opsi mengganti lensa, dan tentu saja harganya tidak semahal kamera DSLR. Beberapa fungsi kamera mirrorless yaitu ukuran compact dan lebih kecil dibanding DSLR, sehingga kamera ini cukup ringan dan mudah dibawa kemana-mana, hal ini merupakan keuntungan bagi anda yang suka traveling terlebih lagi jika di lokasi tertentu dilarang penggunaan kamera professional jadi anda bisa menggunakan kamera ini.

Fungsi lain dari kamera mirrorless adalah memiliki fitur lengkap seperti mode auto, manual, Av ataupun Tv, lalu dapat melakukan penyetiingan ISO, white balance dan lainnya. Fungsi kamera mirrorless juga sama dengan fungsi kamera DSLR. Kamera ini juga bisa menghasilkan foto dengan kualitas oke, kecepatan focus juga bisa diandalkan. Bahkan beberapa kamera mirrorless keluaran Nikon dan Olympus kecepatan fokusnya lebih cepat dari kamera DSLR. Selain itu kamera ini lebih cepat mengambil gambar dibanding DSLR ditambah lagi suaranya yang tidak berisik ketika mengambil gambar, berbeda dengan DSLR yang berbunyi cekrak-cekrek ketika mengambil gambar. Sehingga cocok dipakai untuk memotret acara yang tidak diperbolehkan adanya suara berisik.

Jika melihat perkembangan pasar, hampir semua produsen kamera focus untuk mengembangkan jenis kamera mirrorless. Walaupun terhitung baru sejak pengeluarannya yaitu sekitar 3  atau 4 tahun lalu, namun peminat terhadap kamera ini semakin berkembang dan populer. Selain bentuknya yang praktis ditambah lagi dengan fungsi kamera mirroless yang tidak kalah bagus dengan kamera DSLR. Mungkin istilah yang cocok untuk kamera mirrorless adalah kamera DSLR yang diperkecil.