Cara Merawat Kamera Digital Yang Baik

Kamera digital adalah salah satu perangkat gadget yang memiliki kegunaan untuk memotret gambar berupa foto dan video. Kamera digital sekarang in banyak dijual di berbagai tempat. Orang-orang sekarang dapat membeli kamera digital di berbagai toko elektronik maupun di pasar swalayan. Bahkan toko buku sekarang juga menyediakan beragam tipe dan merk kamera digital yang dijual dengan varian harga tentunya. Tapi kebanyakan orang tidak mengerti bagaimana cara merawat kamera digital dengan baik. Oleh karena itu berikut ada beberapa caranya merawat kamera digital agar tetap awet dipakai dan tahan lama.

 Cara merawat kamera digital yang pertama adalah melakukan pembersihan pada kamera secara rutin setidaknya seminggu sekali atau 2 minggu sekali setiap kamera habis dipakai. Gunakan lap atau kain yang kering untuk membersihkan kamera. Selalu gunakan lap atau kain kering yang memang khusus untuk membersihkan kamera. Bersihkan kamera bagian luarnya dan juga dalamnya. Untuk bagian dalam gunakan blower agar debu dan kotoran yang menempel bisa dibersihkan. Debu dan kotor yang menempel merupakan salah satu penyebab kamera tidak dapat berjalan dengan baik. Walaupun hal sepele tapi dampaknya tidak bisa diremehkan. Apalagi kamera masih menjadi barang mewah.

Selanjutnya simpan kamera di tempat yang tidak terbuka dan minim masuknya debu. Misal letakkan kamera pada lemari khusus untuk menyimpan barang-barang. Tetapi hindari menyimpan di dalam lemari pakaian karena akan membuat kamera menjadi mudah terkena jamur yang dapat menempel di kamera anda. Cara merawat kamera digital dengan memberikan kapur barus atau kamper pada tempat penyimpanan kamera anda adalah salah, karena kedua benda tersebut bisa merusak chip yang ada di dalam kamera digital anda. Hindari pula kamera anda dari tempat penyimpanan yang mudah terkena air. Kamera anda bukan kamera anti air sehingga jika terkena air akan membuat karat pada kamera digital anda. Terutama air laut. Air laut sangat mudah membuat kamera anda menjadi karatan. Jika tidak sengaja terkena air laut segera bersihkan dengan menggunakan kain yang kering atau dengan alat peniup angin yang dibuat khusus untuk kamera digital.

Jangan lupa untuk tidak melupakan perawatan pada lensa kamera anda. Cara merawat kamera digital terutama pada lensanya perlu kehati-hatian. Karena lensa kamera merupakan komponen yang penting pada kamera dan perlu diperhatikan dalam merawatnya. Sebaiknya cara merawat lensa kamera digital adalah dengan dibersihkan secara berkala saja. Gunakan kain khusus untuk membersihkan lensa. Hindari menggunakan tisu atau kain yang terbuat dari kaos malah akan membuat lensa kamera anda tergores. Bila perlu berikan perlindungan pada lensa dengan memberikan filter ultra violet pada bagian depannya dan bagian belakangnya dipasang bodycup.

Cara merawat kamera digital yang terakhir adalah hindari dari terkena sinar matahari langsung karena kamera merupakan benda yang sensitive terhadap terpaan sinar matahari langsung. Sinar matahari langsung dapat membuat rusak bagian kamera digital anda yang terbuat dari plastik dan beberapa komponen lainnya yang ada di dalamnya juga. Lakukan pula servis kamera digital anda secara berkala agar tidak cepat rusak dan gunakan tas khusus untuk melindungi kamera anda ketika anda membawa kamera anda bepergian.