Perbedaan Kamera SLR dan DSLR

Kamera sekarang ini banyak dimililki oleh orang untuk mengabadikan moment tertentu. Dari kamera saku digitial hingga saat ini yang sedang trend adalah kamera SLR dan DSLR. Dari sekian jenis kamera, yang sekarang banyak digemari dan digunakan adalah kamera SLR. Tidak semua orang mengetahui perbedaan kamera SLR dan DSLR. Untuk mengetahui perbedaan dari kamera SLR dan kamera DSLR sebelumnya ketahui terlebih dahulu pengertian dari kedua kamera tersebut.
Kamera SLR atau kamera refelks lensa tunggal merupakan kamera dengan menggunakan sistem jajaran lensa jalur tunggal yang digunakan untuk meneruskan berkas cahaya ke dua tempat yakni focal plane dan juga viewfinder. Sehingga para fotografer yang menggunakan kamera jenis ini bisa melihat hasil foto yang diambil sama persis dengan objek aslinya. Itu perbedaan kamera SLR Dan DSLR yang pertama. Karena kamera yang non SLR bisa berbeda hasil dan juga objek aslinya. Perbedaan kamera SLR dan kamera DSLR berikutnya adalah cara kerja dari kedua kamera tersebut. Pada kamera DSLR cara kerjanya adalah dengan memakai sistem digital penuh. Kamera DSLR mengguankan mechanical mirror system dan pentaprisma yang mengarahkan cahaya datang dari lensa ke optical viewfinder yang ada di dalam kamera.


Perbedaan kamera SLR dan DSLRberikutnya adalah kamera DSLR bekrja dengan menggunakan sistem digital saat mengambil objek hingga menyimpan hasi objek yang diambil untuk disimpan di media penyimpanan yang ada di dalam kamera. Maka dari itu pada kamera DSLR banyak terdapat tombol yang memiliki fungsinya masing-masing. Berbeda dengan kamera slr yang hanya memiliki lebih sedikti tombol dibandingkan dengan kamera dslr. Tombol-tombol tersebut antara alain adalah ISO, white blance, preset scenes, resolusi dan masih banyak lagi. Perbedaan yang paling menonjol aalah pada kamera SLR memiliki slot memori lebih dari satu, tapi ada beberapa tipe kamera DSLR yang hanya menyediakan 1 slot memori saja.

Sedangkan kamera SLR tidak memiliki pilhan ISO karena kamera ini sudah otomatis ditentukan dari casing filmnya yang dibuat dari metal lalu dicat di bagian tertentu. Perbedaan kamera SLR dan DSLRini menunjukkan bahwa kamera SLR bekerja lebih sederhana dan tidak kompleks dibandingkan kamera DSLR. Fungsi dari sistem elektroniknya antara lain untuk mengatur komposisi foto secara otomatik. Tapi bagi mereka yang sudah professional fungsi ini kadang kala suka di non aktifkan sehingga mereka hanya menggulung film dengan dimajukan atau mundur dengan otomatis.

Perbedaan kamera SLR dan DSLR lainnya adalah pada media penyimpanannya kamera SLR pada film 35 MM sehingga tidak memerlukan digitalisasi karena bisa langsung dilihat pada filmnya tersebut. Jika ingin mencetak hasil foto maka gulungan film tersebut dibawa ke laboratorium untuk cuci cetak foto. Sedangkan pada kamera DSLR kita membutuhkan perangkat lain yaitu komputer serta software untuk bisa mentransfer foto dari kamera ke komputer. Dari komputer ini kita bisa melakukan pengaturan pada foto yang diambil. Tetapi hasil foto yang diambil bisa dilihat langsung dari LCD kamera. Selanjutnya anda dapat membaca informasi Cara Memilih Kamera SLR guna sebagai acuan dalam membelinya.