Harga Kamera DSLR Nikon D3100 Terbaru dan Spesifikasi Lengkap

Info Kamera DSLR Nikon D3100 - Kamera merupakan barang yang kini menjadi wajib bagi setiap orang untuk mengabadikan moment-moment terbaik dalam hidup mereka. Tidak hanya kamera HP saja kini kamera dengan teknologi tinggi seperti kamera compact, kamera prosumer dan kamera DSLR menjadi pilihan menarik bagi setiap orang. Salah satu kamera DSLR untuk kalangan entry-level pun kini sudah sangat mudah didapatkan seperti misalnya kamera DSLR nikon D3100 yang merupakan kamera teknologi tinggi untuk para entry-level. Dengan harga yang relatif cukup murah pengguna yang ingin belajar atau baru masuk ke dunia fotografi akan segera beraksi menciptakan gambar yang sesuai dengan keinginan masing-masing.

Kamera Nikon D3100 ini dilengkapi dengan berbagai fitur dan guide mode yang memberikan penjelasan secara detail kepada para pengguna bagaimana cara untuk mendapatkan gambar sesuai keinginana atau bahkan melebihi apa yang pengguna inginkan. Mode guide tersebut ditunjukan dengan bahasa yang sangat mudah dimengerti dan dipahami, sehingga akan sangat mudah bagi para pemula menciptakan  gambar untuk setiap moment berharga dalam hidupnya. Sedangkan berbagai fitur menarik yang lain juga telah ditambahkan dalam kamera penerus dari Nikon D3000 tersebut. Pengguna akan merasakan hal fantastis dalam menggunakan kamera keren ini. Apa saja yang menarik dari kamera entry-level yang satu ini? berikut sedikit penjelasannya.

Sensor merupakan hal yang sangat fital untuk sebuah kamera, demikian juga dengan D3100 yang telah menagdopsi sensor tingkat tinggi DX-format dengan resolusi tinggi 14,2 medapixel CMOS sensor. Hal ini merupakan sensor yang sudah dikembangankan oleh Nikon untuk menghasilkan gambar dengan detail yang sangat luar biasa ditambah dengan keindahan gradasi warna yang halus. Hal ini tentu saja berlaku baik pada saat pengambilan gambar maupin saat perekaman video dengan resolusi full HD, dimana peran sensor sangatlah penting dalam hal kualitas gambar yang dihasilkan. Perhitungan yang sangat detail dari sensor yang diusung D3100 sangat sempurna dalam menghasilkan gambar foto dengan kejelasan yang sangat luar biasa sehingga mamppu mengungkapkan setiap nuansa dari adegan yang diambil dengan detail yang sempurna dan tingkat noise yang sangat rendah. Kamera ini sangat cocok untuk pengguna yang menginginkan gambar yang dihasilkan dengan tekstur detail tinggi dan latar belakan yang defocus.

Sensor akan mampu menghasilkan gambar yang benar-benar menakjubkan didukung dengan adanya mesin pengolah gambar yang mumpuni. Dalam hal ini D3100 memberikan mesin pengolah gambar dengan EXPEED 2 yang merupakan mesin pengolah gambar terbaru bagi D3100. Dengan mesin EXPEED 2 pengguna akan diberikan sebuah kinerja mesin pengolah gambar yang memaksimalkan kinerja sensor CMOS untuk menghasilkan  gambar dengan kejelasan tinggi, lebih realistis dan natural dengan struktur warna yang cerah dan halus. Kemampuan mengurangi tingkat noise juga sangat baik untuk sebuah kamera entry level yang cukup murah ini.

Sensitivitas ISO tinggi yang melekat pada sebuah kamera akan mempengaruhi kinerja kamera tersebut dalam melakukan pengambilan gambar pada kondisi cahaya  tertentu. Tak jauh berbeda juga pada D3100 yang telah meningkatkan sensitivitas ISO dari  ISO 100-3200 dan masih dapat ditingkatkan lagi hingga setara dengan ISO 12800. Dengan ISO pada tingkat yang maksimal 3200 hal itu akan memberikan kepada pengguna untuk mengambil gambar pada kecepatan tinggi pada kondisi cahaya yang cukup rendah. Hal ini sangat berguna saat pengambilan gambar pada senja hari atau ketika pengguna berada pada runangan dengan tingkat cahaya rendah, gambar akan tetap bisa diambil dengan hasil gambar yang tampak alami tanpa memerlukan tripod atau flash.


Fitur yang tak kalah menariknya lagi adalah fitur D-Movie yang akan menghasilkan sebuah rekaman video Full HD 1080p yang sangat-sangat menakjubkan. Bandingkan dengan kamera SLR merek lain saat melakukan pengambilan gambar video. Berbagai kelebihan dan pilihan yang diberikan oleh lensa Nikkor akan memberikan kepada setiap pengguna sebuah kebebasan berekpresi dan bereksplorasi pada setiap sudut pandang yang berbeda dan latar belakan subjek yang defocus memberikan keindahan yang sempurna, sementara sistem pencitraan canggih yang diusung Nikon akan menjamin sepenuhnya akan hasil dengan kualitas yang luar biasa menakjubkan. Setelah pengambilan gambar selesai anda bisa melihat hasilnya pada LCD monitor sebesar 3 inch sekaligus dapat melakukan editing video sederhana seperti meng-cut adegan. Dengan dukungan HDMI memberikan anda keleluasaan untuk melihat gambar hasil rekaman anda melalui HDTV dengan layar yang lebih besar dengan kualitas yang tetap menakjubkan.



Di antara sekian banyak fitur dan teknologi yang diusung Nikon dalam D3100 hal-hal diatas merupakan hal yang sangat menarik dan teknologi yang mengalami banyak peningkatan jika dibanding dengan generasi sebelumnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwasannya Nikon D3100 merupakan produk kamera yang sudah dapat dibuktikan mengenai kinerja yang cepat dengan hasil yang jauh lebih baik jika dibanding dengan D3000 sebagai generasi terdahulunya.Jangan lupa kunjungi daftar harga kamera DSLR Nikon Terbaru untuk melihat harga selengkapnya.

Harga Kamera DSLR Nikon D3100 Kit II (dengan Lensa 18-55mm ) : Rp. 4.955.000

Spesifikasi Kamera DSLR Nikon D3100



Type
TypeSingle-lens reflex digital camera
Lens mountNikon F mount (with AF contacts)
Effective angle of viewApprox. 1.5 x lens focal length (Nikon DX format)
Effective pixels
Effective pixels14.2 million
Image sensor
Image sensor23.1 x 15.4 mm CMOS sensor
Total pixels14.8 million
Dust-reduction systemImage sensor cleaning, Airflow Control System, Image Dust Off reference data (optional Capture NX 2 software required)
Storage
Image size (pixels)" 4,608 x 3,072 [L] " 3,456 x 2,304 [M] " 2,304 x 1,536 [S]
Picture Control SystemStandard, Neutral, Vivid, Monochrome, Portrait, Landscape; selected Picture Control can be modified
MediaSD (Secure Digital), SDHC and SDXC memory cards
Viewfinder
ViewfinderEye-level pentamirror single-lens reflex viewfinder
Frame coverageApprox. 95% horizontal and 95% vertical
MagnificationApprox. 0.8 x (50 mm f/1.4 lens at infinity, -1.0 m-1)
Eyepoint18 mm (-1.0 m-1)
Diopter adjustment-1.7 to +0.5 m-1
Focusing screenType B BriteView Clear Matte Mark VII screen
Reflex mirrorQuick return
Lens apertureInstant return, electronically controlled
Lens
Compatible lenses" AF-S and AF-I: All functions supported.
" Type G or D AF NIKKOR without built-in autofocus motor: All functions except autofocus supported. IX NIKKOR lenses not supported.
" Other AF NIKKOR: All functions supported except autofocus and 3D color matrix metering II. Lenses for F3AF not supported.
" Type D PC NIKKOR: All functions supported except autofocus and some shooting modes.
" AI-P NIKKOR: All functions supported except autofocus and 3D color matrix metering II.
" Non-CPU: Autofocus not supported. Can be used in exposure mode M, but exposure meter does not function.
Note: Electronic rangefinder can be used if lens has a maximum aperture of f/5.6 or faster.
Shutter
TypeElectronically controlled vertical-travel focal-plane shutter
Speed1/4000 to 30 s in steps of 1/3 EV, Bulb
Flash sync speedX=1/200 s; synchronizes with shutter at 1/200 s or slower
Frame advance rateUp to 3 fps (manual focus, mode M or S, shutter speed 1/250 s or faster, and other settings at default values)
Self-timer2 s, 10 s
Exposure
MeteringTTL exposure metering using 420-pixel RGB sensor
Metering method" Matrix: 3D color matrix metering II (type G and D lenses); color matrix metering II (other CPU lenses)
" Center-weighted: Weight of 75% given to 8-mm circle in center of frame
" Spot: Meters 3.5-mm circle (about 2.5% of frame) centered on selected focus point
Range" Matrix or center-weighted metering: 0 to 20 EV
(ISO 100, f/1.4 lens, 20°C/68°F)" Spot metering: 2 to 20 EV
Exposure meter couplingCPU
Active D-LightingOn, Off
Focus
AutofocusNikon Multi-CAM 1000 autofocus sensor module with TTL phase detection, 11 focus points (including one cross-type sensor), and AF-assist illuminator (range approx. 0.5 to 3m/1 ft. 8 in. to 9 ft. 10 in.)
Detection range-1 to +19 EV (ISO 100, 20°C/68°F)
Lens servo" Autofocus (AF): Single-servo AF (AF-S); continuous-servo AF (AF-C); auto AF-S/AF-C selection (AF-A); predictive focus tracking activated automatically according to subject status
" Manual focus (MF): Electronic rangefinder can be used
Focus pointCan be selected from 11 focus points
Focus lockFocus can be locked by pressing shutter-release button halfway (single-servo AF) or by pressing AE-L/AF-L button
Flash
Built-in flashAuto, Portrait, Child, Close up, Night portrait: Auto flash with auto pop-up
P, S, A, M: Manual pop-up with button release
Guide numberApprox. 12/39, 13/43 with manual flash (m/ft, ISO 100, 20°C/68°F)
White balance
White balanceAuto, incandescent, fluorescent (7 types), direct sunlight, flash, cloudy, shade, preset manual, all except preset manual with fine tuning.
Movie
MeteringTTL exposure metering using main image sensor
Metering methodMatrix
Frame size (pixels)" 1,920 x 1,080 (24p): 24 fps (23.976 fps) " 1,280 x 720 (30p): 30 fps (29.97 fps)
and frame rate" 1,280 x 720 (25p): 25 fps " 1,280 x 720 (24p): 24 fps (23.976 fps)

" 640 x 424 (24p): 24 fps (23.976 fps)
Maximum recording time10 min.
File formatMOV
Video compressionH.264/MPEG-4 Advanced Video Coding
Audio recording formatLinear PCM
Audio recording deviceBuilt-in monaural microphone
Monitor
LCD monitor7.5-cm/3-in., approx. 230 k-dot TFT LCD with brightness adjustment
Interface
USBHi-Speed USB
Video outputNTSC, PAL
HDMI outputType C mini-pin HDMI connector
Power source
BatteryOne Rechargeable Li-ion Battery EN-EL14
AC adapterAC adapter EH-5a; requires power connector EP-5A (available separately)
Tripod socket
Tripod socket1/4 in. (ISO 1222)
Operating environment
Temperature0 to 40°C (32 to 104°F)
HumidityLess than 85% (no condensation)
Accessories
Supplied accessoriesRechargeable Li-ion Battery EN-EL14, Battery Charger MH-24, Eyepiece Cap DK-5, Rubber Eyecap DK-20,