Mengenal Lebih Jauh Tentang Kamera Digital dan Fungsinya

Kamera merupakan barang elektronik yang sekarang ini masih menjadi barang mewah. Namun kamera tidak ada matinya karena terus diincar bagi yang menyukai dunia fotografi, khususnya fotografer professional. Tapi tidak hanya para fotografer professional saja yang sekarang menggemari kamera, tapi juga mereka yang hanya menjadikan fotografi tidak lebih hanya sebagai selingan saja. Tapi jika dilihat masyarakat sekarang banyak juga yang memiliki kamera layaknya seperti seorang fotografer professional. Itulah mengapa kamera sangat digemari oleh banyak orang dari berbagai golongan. Selainfungsi kamera digital sebagai tempat untuk memotret moment tertentu, kamera digital juga berfungsi sebagai alat untuk merekam video. 

Foto yang sudah diambil oleh kamera digital selanjutnya bisa dicetak dengan menggunakan media lain seperti komputer atau mesin pencetak. Selain itu data atau file yang tersimpan di dalam kamera bisa dipindahkan ke dalam perangkat elektronik lainnya. Keunggulan dari kamera digital yang utama adalah kita dapat melihat langsung hasil jepretan yang kita ambil tanpa harus dicetak terlebih dahulu. Selain itu kita dapat mengatur pencahayaan dan ketajaman gambar. Itulah fungsi kamera digitallainnya. Dibandingkan dengan kamera manual, fungsi dari kamera digital lebih maksimal.
Kamera digital pada dasarnya terbagi menjadi 3 jenis yaitu kamera prosumer, kamera saku digital, dan kamera digital SLR. Kamera digital merupakan salah satu alat yang penting dalam multimedia. Objek yang diambil oleh kamera digital akan diproses selanjutnya melalui lensa yang lalu disampaikan ke sensor CCS. Kemudian hasilnya akan direkam dalam format digital lalu ke media penyimpanan. Kemudian fungsi kamera digital tersebut antara lain adalah selain dapat memotret suatu objek lalu menjadi foto, juga mengatur warna, ketajaman gambar, dan dapat mengatur ukuran objek yang akan diambil secara instan.

Fungsi kamera digital lainnya selain dapat mengambil foto dan mencetak hasil fotonya juga bisa merekam video. Ada beberapa kamera digital yang dilengkapi pula dengan fungsi untuk merekam video dengan kualitas gambar yang sangat bagus. Beberapa resolusi yang ada seperti 720 piksel dan 1080 pik sel. Tapi dengan kamera resolusi 720 piksel saja itu sudah bisa menghasilkan ketajaman gambar yang bagus. Apalagi dengan resolusi 1080 piksel, objek yang di zoom beberapa kali tidak akan pecah gambarnya.

Itu tadi adalah beberapa fungsi kamera digital. Selain sebagai alat untuk mengabadikan moment juga bisa merekam video. Bahkan beberapa kamera digital sekarang juga dilengkapi pula wifi sehingga memungkinkan para penggunaanya bisa mengupload atau mentransfer data ke perangkat lainnya yang tersambung hotspot.