Review Kamera DSLR Nikon D90 Dengan Harga dan Spesifikasi Lengkap

Nikon D90 merupakan kamera lawas milik Nikon yang hingga saat ini masih banyak digemari oleh para fotografer handal. Kemampuan pencitraan Nikon D90 sangat patut diacungi jempol. Mengandalkan sensor setinggi 12,3 megapixel tidak membuatnya kalah bersaing dengan para penerusnya. Justru kekuatan Nikon D90 tidak mau kalah dengan kamera model baru yang beredar di pasaran. Kamera ini merupakan generasi penerus dari Nikon D80 dengan sedikit pengembangan berarti, meskipun secara fisik dan kontrol masih mempertahankan versi D80. Dengan mempertahankan yang ada pada D80 diharapkan pengguna yang mengupgrade kameranya tetap familiar dengan kamera baru nya. Berikut adalah gambaran mengenai Nikon D90.

Seperti dikatakan di atas bahwasanya secara fisik bentuk dan desain dari body kamera D90 tidak mengalami perubahan yang berarti. Dari kamera pendahulunya D90 hanya menambah fitur  baru berupa tiga lubang microphone, perubahan yang lain haya bergesernya logo dari letaknya semula di D80. Berbagai fungsi kontrol kamera sama sekali tidak mengalami perubahan. Bahkan pengguna D80 akan sangat mudah dan familiar menggunakan D90 sebagai kamera baru.

Di bgaian atas deck body kamera juga tidak ada yang berubah atau yang baru, namun ada sedikit penataan dari bentuk tombol yang sengaja disesuaikan dengan tata letak LCD. Upgrade yang signifikan dari D90 hanyalah penggunaan lensa 18-105mm yang tidak ada pada Nikon D80 yang menggunakan lensa 18-135mm. Lensa baru di D90 pun tidak mengalami perubahan dalam hal jangkauan lensa, namun ada fitur tambahan pada lensa barunya yaitu adanya Vibration Reduction yang mampu diandalkan oleh para fotografer untuk meredam getaran saat melakukan tembakan.

Secara fisik Nikon D90 memang sangat identik dengan Nikon D80, namun dengan memanfaatkan ukuranyang lebih kecil dan ringan dari Nikon D300, pengguna dapat melakukan operasi dan pengambilan gambar dengan lebih mudah dan tangkas. Dengan ukuran yang lebih ramping dan ringan Nikon mengharapkan pengguna dapat lebih leluasa dalam memegang kamera dengan lebih kokoh, juga pengoperasian kamera juga akan lebih mudah dengan ukuran body yang ada pada Nikon D90. Jika dibandingkan dengan para pendahulunya Nikon D90 menjadi kamera yang diharapkan oleh para fotografer saat itu.

Fitur penghapus debu pada sensor dengan multi frekuensi juga sudah diusung oleh Nikon D90. Fitur ini bekerja dengan bergetarnya low-pass filter glass optical secara tegak lurus, hal ini berbeda dengan kinerja pembersih sensor yang lain yang bergerak secara paralel.

Sistem pengaturan gambar yang ada pada D80 telah digantikan dengan sistem pengaturan yang baru. Pada Nikon D90 pengguna dapat lebih banyak memanfaatkan fitur pengaturan gambar seperti vivid, standar, monokrom, lancape, portrait dan banyak lagi. Dengan memanfaatkan berbagai sistem pengaturan gambar tersebut para pengguna juga bisa melatih kebiasaan untuk melakukan pengaturan lain secara manual dalam menyesuaikan kontras, brightness hue dan saturasi yang berbeda. Hal ini tentu saja menarik dilakukan agar mendapatkan sebuah pencitraan sesuai dengan keinginan sang pengguna.



Nah dari Review Kamera Nikon D90 di atas anda masih bisa melakukan eksplorasi lebih jauh dalam menggunakan kamera ini untuk mempertajam kemampuan fotografi anda. Namun secara keseluruhan kamera yang satu ini masih patut dijadikan pegangan untuk anda yang ingin belajar fotografi. Harga yang ditawarkan untuk kamera Nikon D90 ini masih cukup terjangkau, anda hanya tinggal merogoh kocek sebesar Rp. 10.105.000 saja. Untuk referensi dan daftar harga kamera Nikon bisa anda cek di Daftar Harga Kamera Nikon Terbaru.

Spesifikasi Lengkap Nikon D90 


EFFECTIVE PIXELS12.3 mega pixel
IMAGE SENSORCMOS sensor, 23.6 x 15.8 mm; total pixels: 12.9 million; Nikon DX format
IMAGE SIZE (PIXELS)4,288 x 2,848 [L], 3,216 x 2,136 [M], 2,144 x 1,424 [S]
SENSITIVITYISO 200 to 3200 in steps of 1/3 EV, can also be set to approx. 0.3, 0.7 or 1 EV (ISO 100 equivalent) below ISO 200, or to approx. 0.3, 0.7 or 1 EV (ISO 6400 equivalent) over ISO 3200, ISO sensitivity auto control available
STORAGE MEDIASD memory cards, SDHC compliant
MONITOR3-in., approx. 920k-dot (VGA), low-temperature polysilicon TFT LCD with 170° viewing angle, approx. 100% frame coverage, and brightness adjustment
EXPOSURE METERING3D Color Matrix Metering II, Center-Weighted and Spot Metering
EXPOSURE MODESAuto modes (auto, auto [flash off]), Advanced Scene Modes (Portrait, Landscape, Sports, Close-up, Night Portrait), programmed auto with flexible program (P), shutter-priority auto (S), aperture-priority auto (A), manual (M)
INTERFACEHi-Speed USB
POWER SOURCESOne Rechargeable Li-ion Battery EN-EL3e, Multi-Power Battery Pack MB-D80 (optional) with one or two Rechargeable Li-ion Battery EN-EL3e or six R6/AA-size alkaline, Ni-MH, lithium or nickel-manganese batteries (Battery Holder MS-D200 is required when using R6/AA-size batteries)
DIMENSIONS (W X H X D)Approx. 132 x 103 x 77 mm (5.2 x 4.1 x 3.0 in.)
WEIGHTApprox. 620 g (1 lb. 6 oz.) without battery, memory card, body cap or LCD monitor cover